Domino Gaple Online Indonesia Terbaik

Domino Gaple Online Indonesia Terbaik – Domino/Gaple adalah keluarga permainan berbasis ubin yang dimainkan dengan meja “domino” persegi panjang. Setiap domino terdapat ubin persegi panjang dengan garis tengah yang membagi menjadi 2 sisi dan menjadi dua ujung persegi. Setiap ujung ditandai dengan sejumlah titik (juga disebut pips, nips, atau dobs) atau kosong. Bagian belakang kartu domino dalam satu set tidak dapat dibedakan, baik kosong atau memiliki desain yang sama. Potongan-potongan domino game membuat set domino, kadang-kadang disebut dek atau paket. Set domino Sino-Eropa tradisional terdiri dari 28 domino, menampilkan semua kombinasi jumlah titik antara nol dan enam. Satu set domino adalah perangkat permainan generik, mirip dengan bermain kartu atau dadu, di mana berbagai permainan dapat dimainkan dengan satu set.

Penyebutan domino yang paling awal adalah dari dinasti Song China yang ditemukan dalam teks Mantan Acara di Wulin oleh Zhou Mi (1232-1298). Domino modern pertama kali muncul di Italia selama abad ke-18, tetapi bagaimana domino Cina berkembang menjadi permainan modern tidak diketahui. Misionaris Italia di Cina mungkin telah membawa permainan itu ke Eropa.

Nama “domino” kemungkinan besar berasal dari kemiripan dengan sejenis kostum karnaval yang dikenakan selama Karnaval Venesia, seringkali terdiri dari jubah hitam berkerudung dan topeng putih. Meskipun ada koin dari kata polyomino sebagai generalisasi, tidak ada hubungan antara kata “domino” dan angka 2 dalam bahasa apa pun.

  • Konstruksi dan komposisi set domino

Domino gaya Eropa secara tradisional terbuat dari tulang atau gading, atau kayu keras gelap seperti kayu hitam, dengan warna hitam atau putih yang kontras (bertatah atau dicat). Atau, set domino telah dibuat dari banyak bahan alami yang berbeda: batu (mis., Marmer, granit atau batu sabun); kayu lainnya (mis., abu, ek, redwood, dan cedar); logam (mis., kuningan atau timah); tanah liat keramik, atau bahkan kaca buram atau kristal. Set ini memiliki tampilan yang lebih baru, dan bobot yang sering lebih berat membuatnya terasa lebih besar; juga, bahan semacam itu dan produk yang dihasilkan biasanya jauh lebih mahal daripada bahan polimer.

Set domino tradisional berisi satu keping unik untuk setiap kemungkinan kombinasi dari dua ujung dengan nol hingga enam tempat, dan dikenal sebagai set dobel-enam karena keping bernilai tertinggi memiliki enam pips di setiap ujungnya (“dobel enam”) . Bintik-bintik dari satu hingga enam umumnya diatur seperti pada dadu enam sisi, tetapi karena ujung kosong yang tidak memiliki bintik-bintik digunakan, tujuh wajah dimungkinkan, memungkinkan 28 potongan unik dalam set ganda-enam.

Namun, ini adalah jumlah yang relatif kecil terutama ketika bermain dengan lebih dari empat orang, sehingga banyak set domino “diperpanjang” dengan memperkenalkan ujung dengan jumlah bintik yang lebih banyak, yang meningkatkan jumlah kombinasi unik ujung dan potongan. Setiap set yang semakin besar secara progresif meningkatkan jumlah pips maksimum pada ujung sebanyak tiga, sehingga set extended yang umum adalah double-sembilan (55 ubin), double-12 (91 ubin), double-15 (136 ubin), dan double-18 (190 ubin), yang merupakan maksimum dalam praktik. Perangkat yang lebih besar seperti double-21 (253 ubin) secara teoritis bisa ada, tetapi mereka tampaknya sangat langka jika tidak ada, karena itu akan jauh lebih dari yang biasanya diperlukan untuk sebagian besar permainan domino bahkan dengan delapan pemain. Ketika himpunan menjadi lebih besar, mengidentifikasi jumlah pips pada setiap domino menjadi lebih sulit, sehingga beberapa set domino besar menggunakan angka Arab yang lebih mudah dibaca.

  • Sejarah

Penyebutan domino tertulis tertua yang dikonfirmasi di Tiongkok berasal dari Mantan Peristiwa di Wulin (yaitu, ibukota Hangzhou) yang ditulis oleh Dinasti Yuan (1271–1368) penulis Zhou Mi (1232–1298), yang mendaftarkan pupai (plakat judi atau domino) ), serta dadu sebagai barang yang dijual oleh penjaja pada masa pemerintahan Kaisar Xiaozong dari Song (memerintah 1162–1189). Andrew Lo menegaskan bahwa Zhou Mi berarti domino ketika mengacu pada pupai, karena penulis Ming Lu Rong (1436–1494) secara eksplisit mendefinisikan pupai sebagai domino (berkenaan dengan kisah pelamar yang memenangkan tangan seorang gadis dengan mengeluarkan empat pupai pemenang dari satu set).

Manual paling awal yang diketahui tentang domino adalah 《宣 和 牌 譜》 (Manual dari Zaman Xuanhe) yang ditulis oleh Qu You (1341–1437), tetapi beberapa sarjana Cina meyakini bahwa manual ini adalah pemalsuan dari waktu kemudian.

Dalam Ensiklopedia Segudang Harta, Zhang Pu (1602–1641) menggambarkan permainan meletakkan kartu domino sebagai pupai, meskipun karakter untuk pu telah berubah, namun tetap mempertahankan pengucapan yang sama.  Permainan domino Cina tradisional termasuk Tien Gow, Pai Gow, Che Deng, dan lainnya. Set domino 32-piece, dibuat untuk mewakili setiap kemungkinan wajah dari dua dadu yang dilemparkan dan dengan demikian tidak memiliki wajah kosong, berbeda dari set domino 28-piece yang ditemukan di Barat selama pertengahan abad ke-18. Domino Tiongkok dengan wajah kosong dikenal pada abad ke-17.

Banyak set domino yang berbeda telah digunakan selama berabad-abad di berbagai belahan dunia untuk memainkan berbagai permainan domino. Setiap domino awalnya mewakili satu dari 21 hasil lemparan dua dadu enam sisi (2d6). Setengah dari setiap domino diatur dengan pips dari satu dadu dan setengah lainnya berisi pips dari dadu kedua. Perangkat Tiongkok juga memperkenalkan duplikat beberapa lemparan dan membagi kartu domino menjadi dua: militer dan sipil. Domino Tiongkok juga lebih panjang dari domino Eropa tipikal.

Awal abad ke-18 memiliki kartu domino yang menuju Eropa, membuat penampilan pertama mereka di Italia. Permainan agak berubah dalam terjemahan dari bahasa Cina ke budaya Eropa. Set domino Eropa tidak mengandung perbedaan setelan atau duplikat yang menyertainya. Sebagai gantinya, set Eropa berisi tujuh domino tambahan, dengan enam di antaranya mewakili nilai-nilai yang dihasilkan dari melempar dadu tunggal dengan separuh ubin lainnya dibiarkan kosong, dan domino ketujuh mewakili kombinasi blank-blank (0-0).

  • Ubin dan jas

Ubin domino (juga dikenal sebagai “tulang”), biasanya dua kali lebih panjang, yang membuatnya lebih mudah untuk ditumpuk kembali setelah digunakan. Ubin biasanya menampilkan garis di tengah untuk membaginya secara visual menjadi dua kotak. Nilai dari kedua sisi adalah jumlah bintik atau pips. Dalam varian yang paling umum (double-six), nilainya berkisar dari enam pip ke tidak ada atau kosong. Jumlah dari dua nilai, yaitu jumlah total pips, dapat disebut sebagai pangkat atau berat ubin; ubin dapat digambarkan sebagai “lebih berat” dari yang “lebih ringan” yang memiliki lebih sedikit (atau tidak ada) pips.

Ubin umumnya dinamai dua nilai mereka. Misalnya, berikut ini adalah deskripsi ubin yang memuat nilai dua dan lima:

Ubin domino (juga dikenal sebagai “tulang”), biasanya dua kali lipat, yang lebih mudah ditumpuk kembali setelah digunakan. Ubin biasanya menampilkan garis tengah untuk membaginya menjadi dua kotak. Nilai dari sisi kedua adalah jumlah bintik atau pips. Dalam varian yang paling umum (double-six), nilai lebih dari enam pip ke tidak ada atau kosong. Jumlah dari dua nilai, yaitu jumlah total pip, dapat disebut sebagai pangkat atau berat ubin; ubin dapat digambarkan sebagai “lebih berat” dari yang “lebih ringan” yang memiliki lebih sedikit (atau tidak ada) pips.

Secara umum dua nilai mereka. Misalnya, berikut ini adalah deskripsi ubin yang memuat dua dan lima:

  • Deuce-five
  • Lima deuce
  • 2-5
  • 5-2

Ubin yang memiliki nilai pips yang sama di setiap ujungnya disebut dengan double, dan biasanya disebut sebagai double-zero, double-one, dan seterusnya. Sebaliknya, petak yang memuat nilai berbeda disebut tunggal.

Setiap ubin yang menampilkan nomor tertentu adalah anggota dari setelan nomor itu. Ubin tunggal adalah anggota dari dua setelan: misalnya, 0-3 termasuk dalam jas tiga dan suit kosong, atau 0 suit.

Dalam beberapa versi, dobel dapat diperlakukan sebagai gugusan tambahan dobel. Dalam versi-versi ini, double-enam menjadi milik suit sixes dan suit double. Namun, pendekatan yang dominan adalah bahwa masing-masing ganda milik hanya satu jas.

Set domino yang paling umum tersedia secara komersial adalah double enam (dengan 28 ubin) dan ganda sembilan (dengan 55 ubin). Perangkat yang lebih besar ada dan populer untuk permainan yang melibatkan beberapa pemain atau untuk pemain yang mencari permainan domino panjang.

  • Aturan

Jenis permainan yang paling populer adalah permainan tata letak, yang terbagi dalam dua kategori utama, memblokir game dan mencetak gol.

  • Sebagian besar game domino memblokir game, mis. Tujuannya adalah untuk mengosongkan tangan seseorang sambil memblokir tangan lawan. Pada akhirnya, skor dapat ditentukan dengan menghitung pip di tangan pemain yang kalah.
  • Dalam mencetak gol, skor berbeda dan kebanyakan terjadi saat bermain, menjadikannya tujuan utama.
  • Versi populer yang dimainkan secara dominan di Singapura, dirujuk sebagai Aturan Hector, memungkinkan untuk bermain ubin ganda di tangan lawan dan menghadiahkan permainan bonus ubin tambahan segera setelah memainkan ubin ganda.
  • Jika lawan meletakkan semua ubin mereka pada gilirannya, permainan itu seri.

Game pemblokiran

Varian domino paling dasar adalah untuk dua pemain dan membutuhkan set double-enam. 28 ubin dikocok menghadap ke bawah dan membentuk stok atau boneyard. Setiap pemain mengambil tujuh ubin dari stok. Setelah pemain mulai menggambar ubin, mereka biasanya ditempatkan di tepi di depan pemain, sehingga setiap pemain dapat melihat ubin mereka sendiri, tetapi tidak ada yang bisa melihat nilai ubin pemain lain. Setiap pemain dengan demikian dapat melihat berapa banyak ubin yang tersisa di tangan lawan setiap saat selama bermain game.

Satu pemain mulai dengan menenggak (memainkan ubin pertama) salah satu ubin mereka. Ubin ini memulai garis permainan, di mana nilai pasangan ujung ubin yang berdekatan harus cocok. Para pemain secara bergantian memperpanjang garis permainan dengan satu ubin di salah satu dari kedua ujungnya; jika seorang pemain tidak dapat menempatkan ubin yang valid, mereka harus terus menarik ubin dari stok sampai mereka bisa. Permainan berakhir ketika satu pemain menang dengan memainkan ubin terakhir mereka, atau ketika permainan diblokir karena tidak ada pemain yang bisa bermain. Jika itu terjadi, siapa pun yang menyebabkan blok mendapatkan semua poin pemain yang tersisa tanpa menghitung sendiri.

  • Game mencetak gol

Pemain mendapat poin saat bermain game untuk konfigurasi tertentu, bergerak, atau mengosongkan tangan seseorang. Sebagian besar gim penilaian menggunakan variasi gim undian. Jika seorang pemain tidak memanggil “domino” sebelum ubin diletakkan di atas meja, dan pemain lain mengatakan domino setelah ubin diletakkan, pemain pertama harus mengambil domino tambahan.

  • Draw game

Dalam permainan imbang (memblokir atau mencetak gol), para pemain juga diizinkan untuk menggambar ubin sebanyak yang diinginkan dari stok sebelum memainkan ubin, dan mereka tidak diizinkan untuk lewat sebelum stok kosong (hampir). Skor permainan adalah jumlah pip di tangan pemain yang kalah ditambah jumlah pip di saham. Sebagian besar aturan menyatakan bahwa dua ubin harus tetap ada dalam stok. Permainan undian sering disebut sebagai “domino”.

Adaptasi dari kedua game dapat mengakomodasi lebih dari dua pemain, yang dapat bermain secara individu atau dalam tim.

  • Lini permainan

Garis permainan adalah konfigurasi ubin yang dimainkan di atas meja. Itu dimulai dengan satu ubin dan biasanya tumbuh di dua arah yang berlawanan ketika pemain menambahkan ubin yang cocok. Dalam latihan, pemain sering bermain ubin pada sudut kanan ketika garis permainan terlalu dekat dengan tepi meja.

Aturan untuk permainan seringkali berbeda dari satu varian ke varian lainnya. Dalam banyak aturan, ganda berfungsi sebagai pemintal, yaitu, mereka dapat dimainkan di keempat sisi, menyebabkan garis permainan bercabang. Terkadang, ubin pertama harus berupa dobel, yang berfungsi sebagai satu-satunya pemintal. Dalam beberapa permainan seperti Chicken Foot, semua sisi pemintal harus ditempati sebelum ada yang diizinkan bermain di tempat lain. Matador memiliki aturan yang tidak biasa untuk pencocokan. Bendomino menggunakan ubin melengkung, sehingga satu sisi dari garis permainan (atau keduanya) dapat diblokir karena alasan geometris.

Di Mexican Train dan gim kereta lainnya, gim ini dimulai dengan pemintal yang darinya berbagai kereta bercabang. Sebagian besar kereta dimiliki oleh pemain dan dalam sebagian besar situasi, pemain hanya diizinkan memperpanjang kereta mereka sendiri.

  • Mencetak gol

Dalam memblokir game, penilaian terjadi di akhir permainan. Setelah seorang pemain mengosongkan tangan mereka, dengan demikian memenangkan permainan untuk tim, skor terdiri dari jumlah total pip dari tangan tim yang kalah. Dalam beberapa aturan, jumlah pip dari stok yang tersisa ditambahkan. Jika permainan diblokir karena tidak ada pemain yang bisa bergerak, pemenangnya sering ditentukan dengan menambahkan pip di tangan pemain.

Dalam mencetak game, setiap individu berpotensi menambah skor. Misalnya, di Bergen, pemain mencetak dua poin setiap kali mereka menyebabkan konfigurasi di mana kedua ujung terbuka memiliki nilai yang sama dan tiga poin jika tambahan satu ujung terbuka dibentuk oleh ganda. Dalam Muggins, pemain mencetak gol dengan memastikan jumlah total pip dari ujung terbuka adalah kelipatan dari angka tertentu. Dalam varian Muggin, garis permainan dapat bercabang karena pemintal.

Di rumah-rumah publik Inggris dan klub sosial, versi skor “5s-and-3s” digunakan. Permainan biasanya dimainkan berpasangan (dua lawan dua) dan dimainkan sebagai serangkaian “ujung”. Di setiap “akhir”, tujuannya adalah agar pemain melampirkan domino dari tangan mereka ke salah satu ujung yang sudah dimainkan sehingga jumlah domino ujung dapat dibagi lima atau tiga. Satu poin diberi skor untuk setiap kali lima atau tiga dapat dibagi menjadi jumlah dari dua domino, yaitu empat di satu ujung dan lima di lainnya membuat sembilan, yang dibagi tiga tiga kali, menghasilkan tiga poin. Menggandakan lima di satu ujung dan lima di lainnya membuat 15, yang dapat dibagi dengan tiga lima kali (lima poin) dan dibagi dengan lima tiga kali (tiga poin) dengan total delapan poin.

“Akhir” berhenti ketika salah satu pemain keluar, misalkan, Telah memainkan semua kartu domino mereka. Jika tidak ada pemain yang dapat mengosongkan tangan mereka, maka pemain dengan domino terendah yang tersisa dianggap keluar dan mendapat skor satu poin. Sebuah permainan terdiri dari sejumlah ujung dengan poin yang dicetak di ujung diakumulasi ke total. Permainan berakhir ketika salah satu skor total pasangan melebihi jumlah poin yang ditentukan. Skor total berjalan sering disimpan di papan buaian. 5s-and-3s dimainkan di sejumlah liga kompetitif di Kepulauan Inggris.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Terimakasih sudah membaca.